Lava Tour Adventure Kaliadem

by webmaster
Lava Tour Adventure Kaliadem

Melihat Keganasan Merapi di Lava Tour Adventure Kaliadem

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Bahkan gunung ini dijadikan objek penelitian bagi para peneliti karena gunung ini memang menyimpan banyak informasi dan cerita unik. Peneliti tersebut sudah banyak menghasilkan teori yang menceritakan tentang kehebatan dari gunung ini. Reinot Willem adalah ahli geologi yang berasal dari Belanda yang pernah berasumsi bahwa gunung ini sudah meletus di tahun 1006. Karena letusan tersebut, Kerajaan Mataram kuno berpindah dari Jawa Tengah ke Provinsi Jawa Timur.  Letusan yang terjadi pada tahun 2006 dan 2010 membuat Kaliadem menjadi sangat berbeda. Akhirnya tempat ini pun dijadikan sebagai kegiatan Lava Tour Adventure Kaliadem.

Lokasi dan Jarak Dari Jogja

Jarak Kaliadem dari pusat kota Jogja sekitar 35 km sedangkan lokasi wisata ini berada di Desa Kepuharjo, di Kecamatan Cangkringan, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara Mencapai Tempat Wisata

Dari kota Jogja, anda bisa berkendara ke arah utara dengan kendaraan pribadi karena hingga saat ini tidak ada transportasi umum yang melewati tempat ini. Jika anda dari Kalasan, maka anda dapat melalui jalur alternatif yang sepi namun jalannya memang berkelok-kelok sehingga anda harus berhati-hati. Anda bisa melewati jalur Jogja ke Kaliurang dengan jalanan lurus namun padat. Sebelum anda melewati gerbang masuk ke Kaliurang, anda belok ke kanan di jalan yang sempit dan melalui jembatan tanggul merapi. Selanjutnya belok ke arah utara untuk ke Kaliadem.

Tiket Masuk

Pemerintah telah menetapkan tarif masuk untuk ke tempat wisata ini adalah Rp 3.000,00.

Tempat Parkir

Anda harus menitipkan motor anda sebelum masuk ke Kaliadem dengan tarif parkir Rp 2.000,00 saja.

Penginapan

Jika anda ingin bermalam di tempat ini, maka anda bisa mencari penginapan murah yang banyak tersedia di bagian barat Kaliadem.

Fasilitas

Tempat wisata ini sudah dipenuhi dengan warung yang menjual minuman dan makanan ringan. Warung tersebut juga menjual video dan foto yang menampilkan erupsi dan lelehan lava pijar Merapi pada tahun 2006. Foto tersebut juga menampilkan proses evakuasi dari korban yang sudah tertimbun lelehan lava di dalam bunker. Ada banyak warung yang menjual makanan khas Kaliurang yakni sate kelinci, tempe bacem, dan jadah. Ada juga mushola, toilet, gardu pandang, dan fasilitas untuk berkemah.

Keindahan yang Dapat Dinikmati

Dulu wilayah ini dipenuhi dengan rumput dan tumbuhan hijau yang sangat luas namun setelah Merapi meletus, tempat ini sudah tertimbun lahar dan anda bisa melihat material bekas letusan ini dari dekat. Anda juga dapat melihat bunker yang menjadi tempat perlindungan. Di bunker ini juga, dua relawan harus kehilangan nyawa karena keganasan Merapi. Kegiatan ini dapat membuat anda memahami kedahsyatan letusan gunung ini. Anda dapat melihat puncak gunung yang hanya berjarak 2 km. Gunung tersebut berada di ketinggian 2.965 mdpl dan mengeluarkan asap dari kawah.  Gunung Merapi yang menyemburkan panas telah merusak semua bangunan yang ada di bumi perkemahan ini.  Pada tahun 2006, gunung ini mengeluarkan bebatuan panas dan pasir yang dapat menghancurkan Geger Boyo. Ini adalah nama dari bukit yang terletak di bagian selatan dari gunung ini. Bukit ini menimbun Kaliadem.

Material panas juga menimbun banker dengan ketebalan 3 m dan suhu sekitar 1000 ° C. Meskipun bunker ini dibuat dari beton 25 cm dan diperkuat dengan pintu besi namun panas yang sangat besar dapat masuk ke dalam. Seorang relawan ditemukan meninggal di bak mandi dan tepat di depan pintu besi. Saat ini bunker tersebut sudah dicat menjadi warna putih dan ada prasasti yang menuliskan kisah yang terjadi di bunker ini.

Jika anda menginginkan pengalaman yang unik selama hidup anda, maka anda harus berkunjung di malam hari karena hanya di malam hari anda bisa melihat lelehan lava pijar yang turun dari kubah lava. Anda dapat melihat lava panas yang berpijar merah seperti api yang menyala terang. Lava tersebut berasal dari kawah dan menuruni puncak gunung merapi. Kegiatan ini membuat banyak orang tertarik dan ingin melihat langsung keganasan dari gunung ini.

Salah satu gunung api di Indonesia ini ternyata tidak hanya menarik bagi penduduk lokal tetapi juga wisatawan asing. Banyak ahli geologi dari negara lain yang meneliti gunung ini dan ingin mengetahui kehebatan gunung ini.

Jangan lupa untuk membawa masker dan kacamata karena semua kawasan ini dipenuhi dengan pasir dari Merapi sehingga masker tersebut dapat melindungi pernapasan anda dari pasir tersebut. Bangunan yang sudah hancur justru menjadi bagian yang paling menarik untuk berfoto karena anda akan merasa seperti berada di dunia lain. Semua bangunan tersebut pasti sayang jika tidak diabadikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept