Tebing Breksi: Tempat Wisata Populer di Jogja

Tebing Breksi

Masyarakat Indonesia memang sangat kreatif. Kita dapat melihat ada banyak daerah di Indonesia yang awalnya biasa saja menjadi tempat yang sangat menarik. Kreativitas ini akhirnya dapat menciptakan sebuah tempat wisata yang menawan dan indah. Salah satunya adalah Tebing Breksi di Yogyakarta. Awalnya tebing ini adalah tambang batu alam yang sama sekali tidak menarik namun kemudian masyarakat desa tersebut mengubah tambang batu ini menjadi lokasi wisata yang unik. Tak perlu waktu lama, tebing ini menjadi tempat wisata terkenal di Jogja. Bahkan pendapatan masyarakat yang semula menurun karena adanya tambang menjadi meningkat karena tebing ini yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Jogja maupun dari luar daerah.

Jarak Tebing Breksi dari Jogja

Tebing ini berlokasi di Dusun Groyokan, di Kelurahan Sambirejo, di Kecamatan Prambanan atau tepatnya berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kotak Jogja kurang lebih 1 km sebelum mencapai tempat wisata Candi Ijo apabila anda mengambil Jalan Prambanan ke Piyungan.

Peta Lokasi Tebing Breksi

Peta Lokasi Tebing Breksi Jogja

Bagaimana Cara Mencapai Tebing Breksi

Jika anda belum pernah berkunjung ke tebing ini, maka anda bisa pergi  ke tempat wisata Candi Prambanan dan dari tempat tersebut anda harus mengemudi ke arah selatan, lebih tepatnya ke Candi Ratu Boko dan anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut sampai anda berjumpa dengan petunjuk arah menuju ke Candi Ijo. Kemudian anda hanya perlu mengikuti rute tersebut.

Tiket Masuk di Tebing Breksi

Untuk melihat tebing unik ini, anda tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis namun anda harus membayar biaya untuk parkir kendaraan namun anda tidak perlu khawatir karena tarif parkir untuk kendaraan anda sangat terjangkau.

Tempat Parkir di Tebing Breksi

Tempat parkir untuk menuju ke wisata ini sangat luas dengan penjagaan dari pengelola tempat wisata sehingga kendaraan anda berada di tempat yang aman. Tarif parkir untuk kendaraan bermotor adalah Rp. 2.000,00 dan untuk mobil dikenakan biaya Rp. 5.000,00. Jika hari libur sekolah atau nasional, tempat ini akan sangat ramai sehingga anda bisa memilih hari biasa untuk menikmati tebing ini di suasana yang sepi.

Penginapan di Tebing Breksi

Di sekitar tebing ini terdapat penginapan dan hotel yang mempunyai fasilitas lengkap dan hanya menawarkan harga ekonomis untuk anda. Cara memesan hotel tersebut juga cukup mudah karena anda bisa melakukan pemesanan melalui internet.

Fasilitas di Tebing Breksi

Tebing ini hanya memilki fasilitas sederhana namun sangat lengkap seperti taman, toilet, dan tempat ibadah sehingga anda tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk menikmati keindahan tebing ini.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Tebing Breksi

Tebing Breksi Jogja
Photo by devigusman

Pesona wisata ini terdiri dari guratan di tebing batu yang alami dan mengagumkan. Jika anda melihat tebing ini, maka anda akan langsung teringat dengan Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali. Tempat tersebut juga merupakan bekas tambang yang tebingnya diukir dengan indah dan membentuk patung besar yang unik. Anda dapat naik ke atas tebing melewati anak tangga yang memang sudah dibangun oleh warga sekitar. Keindahan kota Jogja akan terlihat jelas dari atas tebing ini. Bahkan anda dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas saat cuaca cerah. Jika anda berkunjung di malam hari, maka suasana tebing ini menjadi semakin indah karena anda dapat melihat gemerlap lampu di kota Jogja.

Awalnya tebing ini adalah area tambang yang akhirnya diubah menjadi cagar budaya dan sudah diresmikan oleh Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X di tahun 2015. Meskipun umurnya masih muda tetapi sudah banyak wisatawan yang antusias untuk datang ke tempat ini. Seniman Jogja tak ingin membuang kesempatan untuk mempercantik tebing ini. Para seniman mengukir tebing ini dengan berbagai bentuk yang sangat eksotis. Berada di atas ketinggian membuat tebing ini menjadi spot foto yang cantik. Jika anda menyukai sinar matahari yang hangat di musim panas, maka anda bisa melihat dengan jelas ukiran ini. Jangan lupa untuk membawa payung saat anda berkunjung di musim panas.

Tebing ini menjadi tempat wisata baru yang diincar oleh apar turis dan fotografer. Ada banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding di tempat ini karena bentuk tebing ini terlihat seperti di luar negeri. Guratan dan warna batu kapur yang pucat berpadu dengan langit biru yang cerah dan sinar matahari yang terang. Perpaduan ketiga elemen ini sangat sempurna untuk diabadikan di foto anda. Jika anda ingin berfoto sampai puas, maka pilih saja hari yang sepi. Jangan memilih hari libur karena sesi foto anda pasti terganggu dengan para wisatawan yang berlalu lalang di sekitar tebing ini. Ada banyak ukiran cantik yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berfoto dengan pasangan anda.

Leave your comment