Berlibur Sambil Belajar di Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan

Apakah anda pernah melihat negeri di atas awan? Kalau belum, sebaiknya anda harus pergi ke Puncak Kebun Buah Mangunan. Kebun buah ini mempunyai gardu pandang dengan ketinggian 200 mdpl yang dapat digunakan untuk menikmati eksotisme gumpalan awan yang menyelimuti pegunungan sewu.

Jarak Puncak Kebun Buah Mangunan dari Kota Jogja

Lokasi kebun buah yang indah ini adalah Desa Mangunan, di Kecamatan Dlingo, tepatnya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak kebun buah ini sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul. Sedangkan dari pusat kota Jogja, jaraknya sekitar 35 km.

Cara Mencapai Puncak Kebun Buah Mangunan

Jika anda berangkat dari kota Jogja, maka anda langsung melewati ring road ke arah selatan dan pergi ke perempatan Giwangan. Jika anda sudah sampai di perempatan tersebut, maka anda ambil arah ke selatan untuk melewati Jalan Imogiri Timur dan sampai di Pasar Imogiri. Perjalanan terus berlanjut hingga anda melihat pertigaan yang mempunyai pohon beringin. Anda harus belok ke arah kiri di pertigaan ini sehingga anda akan menemukan pertigaan lagi. Di tempat ini anda bisa belok dan menemukan petunjuk arah ke kebun ini. Ikuti saja jalan tersebut untuk sampai di kebun buah ini.

Peta Lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan

Peta Lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan

Tiket Masuk di Puncak Kebun Buah Mangunan

Semua pengunjung yang ingin melihat keindahan kebun buah ini harus membayar Rp. 5.000,00. Kebun buah ini sudah dibuka dari jam 04.30 pagi dan ditutup pada jam 6 sore. Waktu terbaik untuk melihat keindahan puncak ini adalah jam 5 pagi karena anda dapat menyaksikan matahari terbit dari puncak ini.

Tempat Parkir di Puncak Kebun Buah Mangunan

Sebelum ke puncak, anda harus menitipkan kendaraan anda di tempat parkir. Biaya untuk parkir motor adalah Rp. 2.000,00 hingga Rp. 4.000,00 untuk kendaraan lain.

Penginapan di Puncak Kebun Buah Mangunan

Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari hotel lagi karena di kebun ini sudah disediakan penginapan yang dapat disewa dengan harga yang terjangkau. Jika anda ingin menikmati liburan, sebaiknya anda memesan tempat ini beberapa bulan sebelumnya agar anda tidak kehabisan kamar.

Fasilitas di Puncak Kebun Buah Mangunan

Tempat ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Tempat ini mempunyai berbagai jenis tanaman buah dan tanaman hias yang indah. Selain itu, ada tempat khusus untuk belajar membuat pupuk. Ada lahan khusus yang digunakan untuk belajar pembibitan tanaman. Bahkan tempat ini juga memiliki kolam renang untuk anak-anak. Ada ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk belajar dan rapat. Ada juga penginapan, arena untuk outbound, flying fox yang seru, jembatan goyang yang menegangkan, dan arena untuk camping.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan

Jika anda bertanya aktivitas apa saja yang dapat anda lakukan di tempat ini, maka anda akan mendapatkan banyak jawaban karena semua aktivitas menyenangkan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda bisa dilakukan di tempat ini. Kebun buah ini dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Bantul di tahun 2003 pada lahan seluar 23.3425 hektare dan di ketinggian 200 mdpl sehingga tak heran jika kebun ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan pemandangan gunung yang menawan. Wisatawan dapat melihat pemandangan kota Bantul yang alami dan pantai Parangtritis yang terkenal hanya dari puncak ini. Anda bisa melihat sungai Oya yang curam dan elok. Lokasi ini juga dihuni oleh monyet sehingga membuat lokasi ini sangat potensial sebagai tempat wisata.

Kebun buah ini menjadi tempat wisata yang paling tepat untuk keluarga karena anda dapat mengajak anak anda berlibur sekaligus belajar tentang tanaman. Anda dapat melihat berbagai jenis tanaman buah yang diletakkan dengan sangat rapi dan sesuai dengan topografi bukit yang miring. Tanaman buah tersebut terdiri dari manggis, buku, sawo, jeruk, jambu air, rambutan, mangga, durian, dan lain sebagainya. Ada juga tanaman buah lain yang jumlahnya masih sedikit seperti belimbing, cempedak, jambu biji, dan kelengkeng. Selain tanaman buah, kebun ini juga menanam tanaman lain yang berfungsi untuk membuat udara menjadi sejuk seperti pinus, magium, pagar hidup dari salak, king grass, pohon jati, dan masih banyak lagi tanaman lainnya. Uniknya anda bisa mengajak anak anda untuk melihat pembibitan sapi. Ini adalah proses yang bertujuan agar populasi sapi bertambah dan memilki siklus yang berjalan antara peternakan sapi untuk menghasilkan pupuk kandang yang digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman di puncak ini.

Ini adalah kegiatan yang unik dan pengalaman baru untuk keluarga anda. Anak anda bisa belajar cara beternak sapi, membuat pupuk, dan merawat tanaman. Mungkin kegiatan ini terlihat sederhana namun dapat menjadi media pembelajaran untuk anak anda. Anda bisa mengajarkan bahwa semua hal memerlukan proses dan kerja keras. Tidak ada hal baik yang diperoleh secara instan. Kegiatan di puncak kebun buah ini dapat mengajarkan para wisatawan untuk melestarikan tumbuhan dan menyayangi hewan.

Leave your comment