Puncak Becici Hadirkan Suasana Alam yang Romantis

Puncak Becici

Sinar matahari yang hangat akan menyambut anda saat tiba di Puncak Becici. Ini adalah puncak dengan pemandangan indah yang berada di Jogja. Di kota ini memang banyak hutan pinus dan puncak ini adalah salah satu tempat yang mempunyai hutan pinus paling indah di wilayah ini.

Tempat ini mirip dengan hutan pinus yang ada di Imogiri. Puncak ini berada di kawasan hutan lindung yang sudah dikelola selama beberapa tahun oleh RPH Mangunan. Pihak tersebut mengambil getah pinus untuk diproses menjadi terpentin tetapi karena panorama yang indah, banyak orang yang berdatangan ke tempat ini dan akhirnya hutan ini berubah menjadi tempat wisata.

Puncak Becici
Photo by keyrolanwr

Lokasi Puncak Becici

Puncak ini berada di Dusun Gunung Cilik, tepatnya di Desa Muntuk, di Kecamatan Dlingo, di Bantul. Hutan ini masuk dalam wilayah hutan lindung RPH Mangunan.

Cara Mencapai Puncak Becici

Anda bisa datang ke puncak ini dengan memilih salah satu dari dua rute yang tersedia. Jika anda dari Jogja, maka anda harus melewati Jalan Imogiri ke timur dan lurus sampai anda melihat petunjuk arah yang bertuliskan Kebun Buang Mangunan. Kemudian anda hanya tinggal mengikuti arah jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan dan belok ke kiri menuju ke hutan pinus. Jika anda sudah melewati hutan ini, maka anda akan melihat pertigaan pertama dan mengambil jalan ke kiri. Anda akan melihat petunjuk arah untuk sampai ke Puncak Becici.

Jika anda melalui jalan Jogja, maka anda harus menuju ke Wonosari dan mengambil rute yang terdiri dari Piyungan, kemudian, Bukit Bintang, dan Perempatan Patuk. Selanjutnya, setelah perempatan tersebut anda harus belok kanan menuju ke Dlingo dan mengikuti jalan tersebut sampai anda masuk ke Hutan Pinus Sudimoro 1. Kemudian anda akan bertemu dengan tanda yang menunjukkan Puncak Becici.

Peta Lokasi Puncak Becici

Peta Lokasi Puncak Becici

Tiket Masuk di Puncak Becici

Tiket masuk ke puncak ini gratis namun jika anda ingin camping di kawasan ini, maka anda harus membayar Rp 5.000,- per orang. Jika anda ingin mengambil foto di gardu pandang, maka anda hanya perlu membayar Rp 2.000,- per orang. Anda juga dapat melakukan sesi foto pre wedding di tempat ini dengan membayar Rp 30.000,-.

Tempat Parkir di Puncak Becici

Tempat wisata ini menyediakan tempat parkir yang luas dan nyaman. Parkir motor membayar Rp 3.000,-. Untuk parkir mobil adalah Rp 10.000,- dan untuk parkir bus adalah Rp 20.000,-.

Penginapan di Puncak Becici

Jika berbicara masalah penginapan, anda tidak perlu bingung karena ada banyak fasilitas penginapan yang dapat disewa di sekitar puncak ini. Anda hanya memerlukan waktu selama beberapa menit untuk mencapai tempat penginapan tersebut.

Fasilitas di Puncak Becici

Karena dikelola secara serius, maka tempat ini sudah mempunyai fasilitas yang sangat lengkap seperti tempat ibadah, arena untuk outbound, toilet, dan arena untuk camping.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Puncak Becici

Puncak Becici Jogja
Photo by rarasayts

Bagi anda yang menyukai senja, maka anda harus melihat pergantian hari dari puncak. Ini adalah spot paling sempurna untuk melihat senja dari gardu pandang. Gardu pandang adalah bangunan bambu yang indah di ketinggian sehingga anda bisa melihat semua pemandangan dari berbagai penjuru dari tempat tersebut. Jika cuaca cerah, maka anda dapat melihat cahaya emas yang dipancarkan oleh matahari secara jelas dan menyapu semu pucuk pohon dan gunung di puncak ini. Aktivitas utama yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan adalah duduk di gardu pandang dan membiarkan angin menerpa wajah anda. Bentang alam yang indah menyambut anda di puncak ini namun anda harus berhati-hati karena saat duduk di tempat ini, anda tidak akan menggunakan pengaman apapun.

Camping di puncak ini menjadi ide yang bagus untuk anda yang benar-benar ingin merasakan relaksasi dan lebih dekat dengan alam. Dirikan tenda anda di bawah pucuk pinus yang teduh. Ada area camping yang sangat luas di tempat ini. Pohon pinus di hutan ini memang eksotis di pagi hari maupun saat sunset sehingga banyak orang yang berburu foto di puncak ini. Saat matahari berwarna jingga anda bisa mengambil kamera anda dan mengabadikan momen ini. Anda bisa memotret keindahan alam tersebut atau berfoto bersama dengan pasangan dan teman-teman anda. Bahkan anda bisa membawa kantong tidur dan menikmati tidur di puncak ini agar anda dapat beristirahat dan ditemani dengan suara desiran angin yang halus. Tempat ini sering dijadikan sebagai spot untuk foto pre wedding karena biayanya sangat terjangkau dan anda sudah bisa mengambil foto di berbagai spot terbaik yang ada di puncak ini. Anda dapat memakai gaun pengantin yang indah dan memilih gardu pandang untuk berfoto bersama dengan orang kesayangan anda. Dijamin anda pasti tidak bisa melupakan momen ini.

Leave your comment