Kalibiru Hadirkan Pemandangan Alam yang Memukau

Kalibiru

Belakangan ini tempat wisata alam Kalibiru yang ada di Jogja menjadi sangat populer. Hal ini disebabkan karena banyak wisatawan yang memposting foto di media sosial dengan berpose di gardu pandang yang ada di kawasan ini. Memang tidak dapat dipungkiri, pemandangan dari gardu pandang tersebut sangat indah. Keindahan alam yang di tempat ini menjadikan banyak wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan panorama tersebut menjadi gambar yang indah.

Jarak Kalibiru dari Kota Jogja

Tempat wisata ini berada di Desa Wisata Kalibiru, di Hargowilis, tepatnya di Kokap di Kulonprogo. Jarak tempat wisata ini dari kawasan wisata Waduk Sremo hanya 2 km. Tempat ini berada di ketinggian 450 mdpl dan masuk ke kawasan perbukitan Menoreh.  Jarak tempat wisata ini sekitar 40 km dari kota Jogja.

Peta Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Peta Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Cara Mencapai Kalibiru

Dari pusat kota Jogja anda berkendara ke kota Wates dan mengikut jalan yang menuju ke tempat pemandian Clereng. Jika anda tiba di pemandian ini, maka anda dapat pergi ke utara dengan jarak sekitar 100 meter kemudian melalui Pasar Clereng. Selanjutnya ada jembatan dan anda belok ke arah kiri dan mengikuti petunjuk jalan untuk sampai di tempat wisata ini. Jika anda dari kota Purworejo, maka ikuti saja jalan menuju ke Waduk Sremo. Jika anda sudah tiba di waduk tersebut, maka anda akan berjumpa dengan penunjuk arah ke Kalibiru. Kemudian ikuti petunjuk tersebut yang hanya berjarak 2 km saja. Anda harus melewati jalan terjal untuk sampai ke tempat ini dan perjalanan tersebut memerlukan waktu sekitar 2 jam. Saat anda tiba di tempat wisata ini, anda harus mendaki kurang lebih 10 menit untuk sampai ke lokasi utama.

Tiket Masuk di Kalibiru

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah Rp. 10.000,00 per orang. Ini harga yang sangat terjangkau. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 6 pagi dan ditutup pada pukul 5 sore.

Tempat Parkir di Kalibiru

Kalibiru juga menyediakan tempat parkir untuk kendaraan motor dan mobil. Mobil membayar parkir Rp. 5.000,00 dan motor hanya membayar Rp. 2.000,00.

Penginapan di Kalibiru

Bagi anda yang mempunyai keluarga besar tidak perlu khawatir memikirkan tempat untuk menginap. Penginapan di tempat ini memiliki tarif Rp. 300.000 per 24 jam dan maksimal hanya untuk 10 orang. sehingga anda tidak perlu memesan hotel dengan harga mahal.

Fasilitas di Kalibiru

Kalibiru menyediakan fasilitas yang lengkap seperti toilet, tempat ibadah, penginapan, warung makan, jalur pendakian, lokasi outbound, tempat parkir, ojek motor ke lokasi wisata, dan flying fox. Jika anda menggunakan toilet, anda harus membayar Rp. 2.000,00. Jika anda ingin naik motor, maka anda hanya membayar Rp. 5.000,00 per orang. Selain itu ada spot foto yang bagus di tempat ini yang dikenakan biaya. Spot foto d panggung dan bundar dikenakan biaya Rp 15.000,00.

Keindahan yang Dapat Dinikmati Di Kalibiru

Kalibiru Jogja

Perjalanan ke tempat wisata ini memang sangat berat namun semua kelelahan anda akan terbayar dengan pemandangan indah. Hutan pinus yang masih alami serta udara sejuk akan menyambut anda. Para penyuka petualangan pasti akan menikmati perjalanan ke tempat wisata ini. Anda dapat duduk di gardu pandang dan melihat pemandangan yang indah. Di bawah gardu pandang tersebut, terdapat bukit Menoreh dan waduk Sermo yang memukau mata anda. Pohon hijau dan kabut tebal menciptakan suasana damai di jiwa anda.

Waktu paling tepat untuk menikmati pemandangan tersebut adalah pagi dan sore hari. Pagi hari, matahari terbit menyinari perbukitan hijau dan anda bisa mengabadikan momen ini dengan kamera anda. Matahari terbenam juga menjadi pemandangan yang tidak akan anda lupakan karena matahari tersebut perlahan mulai menghilang di balik bukit. Pada saat cuaca cerah, anda bisa melihat ombak putih pantai selatan dari bukit ini. Ada dua gardu pandang di bukit ini.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan anda sebelum berkunjung ke tempat ini karena lokasi wisata ini berada di pegunungan sehingga jalurnya menanjak. Gunakan sepatu yang nyaman karena anda masih harus berjalan kaki untuk sampai ke lokasi utama. Jalur tracking di tempat ini menanjak. Terakhir, jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel anda karena ada banyak spot foto unik yang tidak boleh anda lewatkan. Itulah beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di kawasan wisata ini. Anda harus segera berkunjung ke tempat ini untuk melihat keindahan perbukitan hijau dan menghirup udara segar yang sudah tidak anda dapatkan di kota-kota besar. Anda akan lupa dengan suasana kota yang bising saat anda menginjakkan kaki anda di tempat ini. Di sepanjang jalan, pohon pinus juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk berfoto. Selamat berkunjung ke Kalibiru.

Leave your comment