Pemandangan Eksotis di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah gung berapi yang sudah aktif selama puluhan juta tahun yang lalu. Mungkin sekitar 60 hingga 70 tahun yang lalu namun saat ini gunung ini sudah tidak aktif lagi. Anda harus tahu bahwa gunung ini terdiri dari batu andesit raksasa yang membentang sepanjang 800 meter dan tinggi 300 meter. Para wisatawan mulai tertarik untuk berkunjung ke gunung ini.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung ini berada di Desa Nglanggeran, tepatnya di Kecamatan Pathuk, di Kabupaten Gunung Kidul yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Cara Mencapai Gunung Api Purba Nglanggeran

Saat ini angkutan umum tidak melewati kawasan gunung ini sehingga tidak ada cara lain selain menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat memilih dua jalur ke lokasi ini. Jalur pertama dari Wonosari, anda menuju ke Bunderan Sambipitu, dan menuju ke Dusun Bobung kemudian anda sampai di Desa Nglanggeran. Jalur kedua berangkat dari Yogyakarta menuju ke Bukit Bintang Pathuk dan kemudian dilanjutkan ke Radio GCD FM. Selanjutnya anda menuju ke Desa Ngoro-Oro Ombo dan terakhir tiba di Desa Nglanggeran.

Tiket Masuk di Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga tiket masuk ke gunung yang indah ini pada sore hari adalah Rp. 7.000,- dan jika anda ingin berkunjung di malam hari, maka biaya yang dikenakan adalah Rp. 9.000,-. Biaya ini cukup terjangkau karena anda sudah bisa menikmati panorama dari gunung ini. Harga tiket ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola kawasan wisata ini. Pengelola gunung ini juga menawarkan paket wisata yang sangat menarik untuk para wisatawan.

Tempat Parkir di Gunung Api Purba Nglanggeran

Kawasan gunung ini sudah menyediakan parkir yang luas dengan penjaga parkir sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan kendaraan anda saat memasuki wilayah ini.

Penginapan di Gunung Api Purba Nglanggeran

Ada banyak villa dan hotel yang dapat dijadikan pilihan untuk bermalam di sekitar gunung ini namun anda juga bisa memilih untuk menggunakan home stay. Anda akan menginap di tempat tersebut dengan biaya terjangkau dan fasilitas yang sangat lengkap sehingga anda akan merasa nyaman untuk berlibur di tempat wisata ini.

Fasilitas di Gunung Api Purba Nglanggeran

Masalah fasilitas, pegunungan ini ternyata sudah dikelola secara serius sehingga anda bisa menemukan fasilitas yang lengkap dan memadai di gunung ini. Ada posko kesehatan untuk wisatawan yang mungkin sakit. Pusat informasi digunakan untuk membantu wisatawan yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang gunung ini. Pusat kuliner menjual berbagai makanan dan minuman khas dari daerah ini. Balai pertemuan, kamar mandi dan toilet juga ada di daerah ini. Home stay dan tempat ibadah juga dibangun oleh pengelola kawasan ini. Pegunungan ini juga mempunyai camping ground dan jalur pendakian bagi anda yang ingin berpetualang dengan bermalam di gunung ini. Anda juga bisa bersantai sebentar di gazebo yang ada di pegunungan ini.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Panorama alam yang ditawarkan di gunung cantik ini adalah sunset dan sunrise. Di malam hari, anda bisa melihat langit yang dipenuhi dengan jutaan bintang. Pada pagi hari, anda akan melihat sunrise yang bersinar terang dengan cahaya emas yang indah. Anda bisa melakukan aktivitas panjat tebing untuk memacu adrenalin anda. Selain itu keindahan lainnya adalah perkampungan penduduk yang tertata rapi dan unik saat dilihat dari ketinggian. Anda bisa melihat gardu pandang untuk melihat pemandangan alam dari tempat yang tinggi. Ternyata gunung ini mempunyai beberapa spot lain yang sangat menarik.

Spot pertama adalah gunung Kelir. Ini adalah gunung yang bentuknya seperti Kelir. Masyarakat sekitar percaya bahwa gunung ini ditinggali oleh Punakawan dan Ongko Wijoyo. Selanjutnya adalah sumber Air Comberan. Ini adalah mata air yang tetap memancarkan air segar saat musim kemarau dan tidak pernah surut. Mata air ini menjadi tempat pertapa dan pemujaan oleh orang zaman dahulu. Gunung Gede adalah gunung paling besar di pegunungan ini dan para pendaki biasanya berkemah di tempat ini. Panorama gunung ini memang sangat indah karena puncaknya paling tinggi dari gunung lainnya.

Ada juga Gunung Buchu dengan bentuk lancip yang sangat unik. Gunung ini disukai oleh pemanjat tebing dan biasanya mereka akan menancapkan bendera saat berhasil mendaki gunung ini. Hingga saat baru ada tiga team yang berhasil untuk mencapai puncak gunung ini. Jangan melewatkan untuk melihat Telaga Wungu. Telogo ini adalah pemandian bidadari dengan air yang sangat jernih. Selain itu, ada juga Telaga Mardhido. Penduduk percaya bahwa ini adalah telaga yang digunakan untuk memandikan kuda sembrani yang ditunggangi oleh bidadari. Keunikan lain yang masih menjadi misteri adalah pegunungan ini hanya dihuni oleh 7 kepala keluarga saja. Ini adalah kepercayaan yang sudah menjadi tradisi turun-temurun sehingga anda hanya akan menemukan 7 rumah saja di pegunungan ini.

Leave your comment