Gumuk Pasir: Padang Pasir Cantik di Indonesia

Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika anda mendengar tentang padang pasir, maka anda pasti berpikir bahwa anda hanya dapat menemukan padang pasir di Mesir dan negara-negara yang ada di Timur Tengah lainnya. Padahal Indonesia mempunyai padang pasir yang indah. Anda harus datang ke kota Jogja untuk menyaksikan sendiri keindahan dari padang pasir yang terhampar luas tersebut. Padang pasir ini dinamakan sebagai Gumuk Pasir. Tempat ini sering dijadikan sebagai latar belakang untuk pembuatan film, foto, dan lain sebagainya karena tempat ini memang sangat eksotis seperti di Mesir.

Jarak Gumuk Pasir dari Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki lokasi yang dekat dengan pantai terkenal di Jogja yakni Pantai Parangtritis. Tepatnya, padang pasir ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo. Dari kota Jogja, lokasi tersebut bisa ditempuh selama 1 hingga 2 jam saja tergantung pada kecepatan kendaraan anda.

Peta Lokasi Gumuk Pasir

Peta Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Cara ke Tempat Wisata Gumuk Pasir

Cara untuk datang ke lokasi ini adalah anda dapat melakukan perjalanan dari kota Jogja kemudian menuju ke bagian selatan melewati Jalan Parangtritis. Anda hanya perlu mengikuti jalan utama hingga anda menemukan loket atau pintu masuk menuju pantai ini namun sebelum mencapai loket tersebut, anda harus berbelok ke kanan yang menuju ke Pantai Depok. Selanjutnya, anda hanya tinggal mengikuti jalan utama sampai tiba di depan gerbang dari pantai ini. Jangan masuk ke gerbang tersebut karena anda harus berbelok ke kiri untuk menuju ke Gumuk Pasir. Di tengah perjalanan, anda akan melihat pohon cemara dan anda sudah sampai di lokasi padang pasir ini yang berada di pinggir jalan.

Tiket Masuk di Gumuk Pasir

Lokasi wisata ini selalu dibuka setiap haris dari jam 6 pagi sampai jam 7 malam dan anda harus membayar tiket sebesar Rp 5000,- saja per orang.

Tempat Parkir di Gumuk Pasir

Tempat wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang luas untuk kendaraan anda. Motor harus membayar Rp 3.000,-. Mobil harus membayar tarif parkir sebesar Rp 10.000,- dan bus harus membayar Rp 20.000,-.

Penginapan di Gumuk Pasir

Di sekitar tempat ini terdapat penginapan dengan harga terjangkau untuk anda yang ingin menikmati keindahan Gumuk Pasir dalam beberapa hari. Anda dapat menyewa penginapan langsung saat berkunjung ke tempat ini. Pilihan lainnya adalah anda dapat memesan hotel dengan fasilitas lengkap yang berada di dekat tempat wisata ini.

Fasilitas di Gumuk Pasir

Gumuk Pasir sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena lokasinya sangat strategis berdekatan dengan Pantai Depok dan Parangtritis. Selain itu, akses ke tempat ini juga sangat mudah. Fasilitas di tempat wisata ini terdiri dari toko souvenir sehingga anda langsung dapat membeli oleh-oleh khas dari daerah ini, warung makan untuk memuaskan rasa lapar anda, klinik kesehatan, tempat ibadah, toilet, pos penjagaan, dan tempat parkir yang aman. Bahkan Gumuk Pasir juga mempunyai museum yang menjelaskan tentang fenomena terbentuknya gumuk pasir. Ada juga laboratorium yang digunakan untuk penelitian. Anda bisa belajar hal-hal baru dengan berkunjung ke laboratorium dan museum tersebut.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gundukan pasir ini terbentuk karena letusan abu vulkanik dari gunung yang kemudian terbawa oleh Sungai Progo dan Opak yang memang mengalir menuju ke Parangtritis. Abu vulkanik terkikis dan terbawa ombak sehingga menjadi butiran halus. Lambat laun, abu ini menepi karena proses yang berlangsung lama. Butiran halus yang terkumpul di tepi pantai tersebut akhirnya membentuk gundukan pasir. Itulah proses terbentuknya fenomena alam yang sangat menakjubkan ini.

Anda tidak hanya bisa mengambil foto saat berkunjung ke tempat ini karena ada banyak kegiatan lain yang sangat menarik. Kegiatan pertama adalah berseluncur. Anda harus merasakan sensasi berseluncur di pasir yang luas. Pasti anda belum pernah merasakannya sehingga saat berkunjung ke tempat ini, anda tidak boleh melewatkan pengalaman untuk berseluncur sejauh 200 meter dari gundukan pasir yang tingginya 15 meter. Untuk menikmati pengalaman sand boarding, maka anda harus mengeluarkan uang Rp 100.000, – dan anda akan dilengkapi dengan papan dan helm untuk keselamatan anda. Jika anda pemula, maka anda bisa berseluncur di puncak yang rendah setinggi 5 meter. Anda dapat menyewa ATV untuk berkeliling di sekitar padang pasir ini.

Matahari terbenam juga menjadi salah satu pemandangan yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Gumuk Pasir. Jangan melewatkan sunset yang indah di sore hari. Ternyata Gumuk Pasir juga menyediakan beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan, pohon kaktus, dan bingkai bunga dengan bentuk love. Anda bisa menjadikan spot tersebut untuk foto pre wedding anda. Pasti foto tersebut akan menjadi foto yang paling berkesan dalam hidup anda. Anda juga tidak perlu terbang ke luar negeri untuk bisa berfoto di padang pasir. Itulah beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini.

Leave your comment