Senja Paling Cantik di Batu Miring Jogja

Batu Miring Jogja

Tak perlu datang ke luar negeri untuk mencari senja. Senja terbaik justru dapat dinikmati di banyak tempat wisata di Indonesia. Salah satu destinasi wisata untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang paling indah adalah Batu Miring Jogja. Batu Miring merupakan tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta. Batu Miring menjadi tempat wisata yang menarik dan tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi destinasi wisata ini tetapi juga wisatawan asing. Batu Miring menjadi daya tarik tersendiri untuk kota Jogja.

Senja di sore hari akan memberikan kenangan yang indah untuk anda. Saat senja, kawasan batu ini terlihat berwarna kuning keemasan sehingga semua wilayah tersebut terlihat indah. Anda hanya perlu duduk dan memandang senja tersebut. Jangan lupa untuk berkunjung ke Batu Miring bersama dengan keluarga atau pasangan anda.

Batu Miring Jogja

Jarak Batu Miring dari Jogja

Lokasi Batu Miring berada di kawasan Gunung Kukusan, di Dusun Wonokerto, di Desa Ngargoretno, di kulonprogo. Jarak dari kota Jogja sekitar 28 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 1 jam. Jika anda ingin menikmati perjalanan tersebut, maka anda dapat menyewa motor atau mobil sehingga anda tidak perlu merasa lelah dan dapat tidur di sepanjang jalan tersebut.

Cara Mencapai Lokasi Batu Miring Jogja

Bagaimana cara mencapai lokasi di Batu Miring? Transportasi umum tidak dapat mengantarkan anda ke Batu Miring. Dari Yogyakarta, anda harus pergi ke Godean. Anda harus mengambil jalur barat untuk pergi ke Kulon Progo sampai anda menemukan persimpangan Nanggulan. Kemudian anda harus belok ke kanan untuk pergi ke persimpangan Dekso. Selanjutnya, anda bisa belok kiri dan mengikuti jalan utama ke Samigaluh untuk pergi ke arah Pasar Plono. Anda harus mengambil jalur yang menuju ke kebun Teh Nglinggo dan berjalan terus sampai ke lereng Gunung Kukusan.

Tempat Parkir di Batu Miring Jogja

Batu Miring tidak mempunyai fasilitas apapun karena tempat ini memang hanya batu besar. Satu-satunya fasilitas yang ada di tempat ini adalah area parkir. Dari tempat parkir tersebut, anda harus berjalan kaki 200 meter dan anda sudah bisa pergi ke gunung Kukusan.

Tiket Masuk di Batu Miring Jogja

Jika anda ingin masuk ke tempat wisata ini, maka anda hanya membayar biaya parkir untuk mobil sebesar Rp. 20.000,- dan sepeda motor sebesar Rp. 10.000,-. Tiket masuk ini sangat terjangkau karena anda bisa melihat pemandangan langka di dunia.

Penginapan di Batu Miring Jogja

Ada beberapa tempat penginapan yang dekat dengan Batu Miring sehingga jika anda belum puas menikmati tempat wisata ini, maka anda bisa tidur di tempat tersebut. Batu Miring adalah tujuan wisata eksotis yang membuat orang ingin kembali lagi ke tempat ini. Biasanya tempat penginapan tersebut berupa hotel dan villa. Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan keinginan dan anggaran dana anda. Jika anda ingin menginap di hari libur, maka anda harus memesan tempat ini beberapa bulan sebelumnya karena di musim liburan, tempat ini sudah dipesan semua. Jangan sampai liburan anda rusak karena anda tidak kebagian tempat penginapan. Anda dapat membuka berbagai situs website atau aplikasi pemesanan hotel yang dapat digunakan dengan mudah di ponsel anda untuk menghemat waktu dan mendapatkan tempat penginapan dengan harga terjangkau.

Fasilitas di Batu Miring Jogja

Tempat wisata ini memang minim fasilitas karena pengunjung hanya ingin melihat matahari terbit dan terbenam di tempat ini kemudian pulang kembali. Fasilitas yang ada di sini hanya tempat parkir saja untuk mengamankan kendaraan anda karena anda tidak bisa menaiki kendaraan anda sampai tiba di bukit.

Menikmati Keindahan di Batu Miring Jogja

Batu Miring Jogja
Instagram @anggaherupratama

Batu Miring adalah tempat yang paling cocok untuk memanjakan mata anda dengan panorama yang menakjubkan dan udara bersih yang segar. Menjelang sore hari, cahaya dari matahari terbenam akan mengubah tempat ini menjadi warna keemasan yang cantik. Pagi-pagi sekali, anda bisa kembali untuk menyaksikan matahari terbit yang menyinari pepohonan hijau dan bukit kapur dengan bentuk yang menawan. Anda bisa memilih dua jalur. Masing-masing jalur tersebut dapat membawa anda ke puncak yang berbeda. Jika anda memilih jalur kiri, maka anda bisa melihat puncak Dempok.

Puncak ini mempunyai pemandangan yang mempesona. Jalur lainnya akan menuntun anda untuk melihat puncak Kendeng. Ini adalah puncak yang paling tinggi di kawasan tersebut. Setiap jalur tersebut akan menyuguhkan pemandangan yang paling indah. Anda dapat menyaksikan pemandangan lembah dan pegunungan. Udara segar dari pegunungan akan menyapa anda dan menghapus semua rasa lelah anda. Suasana yang sangat tenang mampu membuat anda rileks. Suara burung berkicau yang saling bersahutan membuat anda terasa berada di surga dunia. Jika anda berkunjung pada dini hari, maka anda tidak boleh lupa untuk memakai pakaian hangat seperti syal, jaket atau sweater karena suhu di puncak ini akan semakin dingin di malam hari.

Leave your comment