Keindahan Tersembunyi dari Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Dari dulu, pemandangan alam terbukti dapat membuat sesorang merasakan ketenangan dan kedamaian. Oleh karena itu tidak heran saat banyak orang yang tinggal di kota ingin berlibur ke desa yang tenang dan menjauh dari kesibukan kota. Salah satu kota yang mempunyai banyak wisata alam yang sangat indah adalah Yogyakarta. Kota ini tidak pernah membuat anda kecewa karena kota ini dipenuhi dengan tempat wisata alam yang masih asri dan bersejarah. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kandang. Ini adalah air terjun dengan pemandangan unik yang letaknya masih tersembunyi di wilayah Gunung Kidul. Jika anda mengunjungi air terjun ini, maka anda dapat melihat bahwa air terjun ini tidak terlihat seperti air terjun lainnya karena air terjun ini memiliki 6 tingkat.

Air terjun ini berada di areal persawahan yang dimiliki oleh penduduk desa sehingga pemandangan di air terjun ini memang masih alami. Udara yang sejuk membuat anda tidak ingin meninggalkan tempat ini. Semua areal persawahan terlihat hijau dan menyegarkan mata anda. Pemerintah setempat belum mengelola air terjun ini secara resmi sehingga untuk sementara, warga desa Nglanggeran yang mengelola tempat wisata ini.

Air Terjun Kedung Kandang
Instagram @oddzhaheho

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang dari Jogja

Air terjun ini berlokasi di Dusun Gunung Butak, di Desa Nglanggeran, di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan air terjun ini karena dekat dengan Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran.

Cara Mencapai Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lalu, bagaimana cara mencapai lokasi air terjun ini? Anda tidak perlu khawatir karena rute air terjun ini sangat jelas. Anda harus melewati Jalan Wonosari dari kota Yogya. Selanjutnya, anda menuju ke Pathuk dan sebelum mencapai SMPN 2 Pathuk, anda belok kiri menuju Dusun Bobung. Jika anda sudah sampai di perempatan, maka ambil arah kiri. Anda akan menemukan warung mie ayam dan belok ke kiri menuju lapangan volley. Anda dapat menitipkan kendaraan anda di lapangan tersebut.

Peta Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Peta Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Tempat Parkir di Air Terjun Kedung Kandang

Area parkir yang disediakan berupa lapangan volley. Jarak antara tempat parkir ke air terjun ini hanya sekitar 900 meter. Jalan menuju air terjun ini tidak mulus. Anda harus menginjak tanah basah namun ini yang menjadi sensasi menyenangkan untuk mencapai air terjun ini. Anda dapat melihat dan bahkan berbicara dengan para petani yang sedang menanam padi.

Tiket Masuk di Air Terjun Kedung Kandang

Sebelumnya, anda tidak dikenakan tiket masuk untuk melihat air terjun ini. Warga desa hanya menyediakan kotak yang dapat diisi secara sukarela untuk biaya keamanan. Biasanya saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, ada beberapa orang yang dapat menjaga kendaraan anda namun jika tidak ada orang, maka anda dapat menitipkan kendaraan anda di rumah warga yang lokasinya ada di depan gerbang. Sekarang, tiket masuk menuju ke tempat wisata ini adalah Rp 7.000,-. Biaya ini akan digunakan untuk promosi dan menambahkan fasilitas yang masih belum disediakan di air terjun ini.

Penginapan di Air Terjun Kedung Kandang

Tempat wisata ini belum dapat menyediakan penginapan bagi pengunjung sehingga jika anda masih ingin menikmati wisata ini, maka anda bisa memesan penginapan yang jaraknya paling dekat dengan tempat wisata ini. Anda dapat memesan tempat tersebut secara online.

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kandang

Karena hanya dikelola oleh warga desa, air terjun ini tidak mempunyai fasilitas yang lengkap. Di sini hanya ada rumah penduduk yang menjual makanan ringan, menyediakan tempat penitipan kendaraan, dan kamar mandi. Fasilitas lainnya adalah beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh dan beristirahat sejenak sambil menikmati makanan ringan.

Menikmati Keindahan di Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Instagram @sisilliadesy

Air sungai yang mengalir dari ketinggian dan turun dari gundukan batu yang sangat besar berhasil menciptakan 6 tingkat air terjun kecil yang sangat indah. Menurut warga desa, aliran air dari air terjun ini akan berubah menjadi deras saat di malam sebelumnya turun hujan. Jika aliran air sedang deras, maka air terjun ini akan menjadi semakin indah. Anda harus melewati jalanan terjal dengan batu besar untuk melihat air terjun ini namun pengorbanan anda akan terbayar saat melihat air terjun ini di depan mata anda. Ini adalah surga dunia yang berada di tengah persawahan hijau dan indah.

Pengunjung dapat melihat air terjun ini dari jembatan bambu yang dibuat oleh warga. Bahkan anda bisa langsung meminum air segar dari air terjun ini untuk mengusir rasa haus anda setelah berjalan jauh. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini karena keindahan air terjun ini tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya anda harus mempersiapkan diri dengan makan yang cukup sebelum datang ke air terjun ini agar anda tidak lemas di jalan karena perjalanan menuju air terjun ini memang cukup ekstrem.

Leave your comment