Surga Tersembunyi di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Air Terjun Curug Luweng Sampang

Wisata alam di Jogja menjadi primadona wisata di dunia. Yogyakarta memang mempunyai berbagai tempat wisata alam yang akan membuat anda takjub dan kagum. Salah satu wisata alam dari kota ini yang sangat disukai oleh wisatawan adalah Air Terjun Curug Luweng Sampang. Ini adalah air terjun dengan nama yang unik. Nama air terjun ini memiliki yakni Sampang dan Luweng. Luweng adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti Lubang dan Sampang adalah tempat atau lokasi dari air terjun tersebut. Nama ini digunakan untuk air terjun ini karena saat dilihat dari atas, air terjun ini terlihat seperti sebuah lubang.

Air Terjun Curug Luweng Sampang
Instagram @travelingdonk

Jarak Air Terjun Curug Luweng Sampang dari Kota Jogja

Pesona Jogja memang tidak akan pernah habis. Air terjun ini sudah menjadi surga baru yang sangat indah. Air terjun ini berlokasi di wilayah Gunung Kidul dengan batuan cadas seperti di Grand Canyon. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 30 km yang dapat ditempuh selama 1 jam.

Cara Mencapai Lokasi Air Terjun Curug Luweng Sampang

Dari Yogyakarta, anda menuju ke Ring road ketandan, kemudian ke Jalan Wonosari dan Piyungan, dilanjutkan ke arah Bukit Bintang dan Patuk. Anda akan menemui perempatan dan belok ke kiri menuju ke Jalan Ngoro-Oro Ombo. Anda menjumpai perempatan lagi yang berada di Puskesmas Pathuk II, lurus saja menuju ke Balai Desa Terbah dan ada pertigaan anda lurus saja dan mengikuti jalan kurang lebih 3 km, anda sudah tiba di lokasi air terjun ini yang berada di kanan jalan.

Ada rute lain untuk mencapai lokasi ini. Dari kota Jogja anda menuju ke arah Maguo dan Prambanan, kemudian anda mengambil jalur selatan atau belok ke kanan ke Desa Gantiwarno Klaten dan melewati SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno kemudian melewati Desa Sampang Gunung Kidul dan anda sampai di Balai Desa Sampang. Anda tinggal mengikuti jalan tersebut kurang lebih 2 km dan anda sudah tiba di lokasi air terjun yang berada di kiri jalan.

Peta Lokasi Air Terjun Curug Luweng Sampang

Peta Lokasi Air Terjun Curug Luweng Sampang

Tiket Masuk di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Air terjun ini bisa dibilang masih perawan karena belum dikelola secara komersial oleh pemerintah maupun warga desa sehingga untuk memasuki kawasan wisata ini, anda tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini sepuasnya tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

Tempat Parkir di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Karen belum ada yang mengelola, tidak ada tempat parkir di air terjun ini sehingga anda harus memilih tempat yang aman untuk memarkir kendaraan anda. Tempat parkir pun hanya seadanya tanpa fasilitas apapun. Jadi, sebaiknya anda tidak berlama-lama di air terjun ini mengingat tidak ada tukang parkir yang menjaga kendaraan anda.

Penginapan di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Tepat di lokasi air terjun ini tidak ada penginapan karena air terjun ini memang tidak dikelola oleh siapa pun namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menyewa penginapan atau hotel yang berada paling dekat dari kawasan wisata ini.

Fasilitas di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Tidak ada fasilitas yang dapat anda temukan di tempat ini. Bahkan anda tidak menemukan loket untuk pengunjung yang masuk ke air terjun ini. Tempat ini memang belum ditangani oleh pemerintah setempat sehingga anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebenarnya sangat disayangkan saat mengetahui fakta ini karena air terjun ini sudah menjadi tempat wisata yang terkenal. Artinya ada banyak wisatawan yang datang ke tempat ini dan memerlukan fasilitas yang lengkap.

Keindahan yang Dapat Dinikmati di Air Terjun Curug Luweng Sampang

Air Terjun Curug Luweng Sampang

Pesona kota Jogja sebagai kota wisata memang tidak pernah  pudar. Apalagi baru-baru ini ada air terjun Curug Luweng Sampang yang menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan. Dalam waktu singkat, air terjun ini pun menjadi salah satu tempat wisata alam terkenal di Jogja. Hal ini disebabkan karena air terjun ini terlihat sama persis seperti air terjun yang ada di Grand Canyon. Batuan cadas berwarna putih terlihat menakjubkan dengan warna air yang biru cerah. Bebatuan tersebut mengalami erosi sehingga bentuk batuan ini terkikis secara alami dengan garis yang indah dan unik.

Bentuk batuan ini menjadi daya tarik utama dari air terjun ini. Air terjun ini tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek sehingga menjadi kawasan yang ideal untuk berenang dan menyegarkan tubuh anda. Area air terjun juga tidak terlalu luas namun dinding kapur tersebut memang menyimpan keindahan yang sangat menakjubkan. Gunung Kidul memang mempunyai bebatuan kapur yang mendominasi wilayah ini sehingga tidak heran jika air terjun ini dikelilingi oleh batu kapur. Jangan lupa untuk membawa pakaian kering sehingga setelah anda berenang, anda bisa berganti pakaian agar tubuh anda tidak kedinginan. Sebaiknya pilih waktu di siang hari saat matahari terik agar anda bisa mendapatkan foto air terjun dalam cuaca yang cerah.

Leave your comment